Wednesday, July 18, 2018

Tips dan Langkah Membuat Anak Cerdas


Hati cerdas yakni salah satu hal yang membanggakan bagi orang tua. Hati cerdas tidak cuma pandai atau mengenal jawaban dari pertanyaan yang diajukan kepadanya, tapi juga yakni seorang pelajar bertalenta yang mampu memahami suatu subjek atau keadaan sulit secara mendalam. Apa saja yang menjadikan seorang anak cerdas? Berikut sebagian metode penunjang untuk membesarkan anak cerdas.


Cerdas tidak senantiasa mengenai tingkat kecerdasan kognitif melewati pengukuran IQ. Para ahli tumbuh kembang anak sekarang berusaha menemukan metode agar anak dapat memenuhi potensi intelektual secara menyeluruh. Dan tanpa memberikan terlalu banyak tekanan pada anak. Menghasilkan anak cerdas dapat jadi tantangan tersendiri bagi orang tua, keluarga, dan  energi pendidik. Berilah dukungan pada proses tumbuh kembangnya menjadi anak cerdas dengan sebagian langkah-langkah berikut ini :

Memenuhi gizi seimbang

Penelitian menceritakan tentang anak cerdas, secepat anak berlari saat bermain di rumah dan di sekolah, secepat itu pula otaknya bertumbuh dan berkembang. Otak anak akan mengalami pertumbuhan pesat sejak kelahirannya sampai anak berusia 4 tahun. Masa yang tergolong kritis bagi perkembangan otak ini amat dipengaruhi oleh asupan gizi yang mereka konsumsi. Makanan sehat, seperti telur, yoghurt, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, oat, ikan, buah dan sayuran, akan membawa dampak baik bagi kesanggupan konsentrasi dan kognitif anak. Sarapan yakni salah satu waktu makan anak yang paling penting pada masa perkembangannya. Penelitian memperlihatkan bahwa anak yang mengkonsumsi makanan sehat saat sarapan tiap pagi, mampu memusatkan perhatian dan mengingat dengan lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak sarapan.

Membaca sejak dini

Kegiatan ini banyak membantu anak belajar pada masa perkembangan. Tak cuma keterampilan bahasa, tapi juga belajar memusatkan perhatian sampai mengasah daya pikir. Peneliti menuturkan, anak yang membaca di rumah pada umur prasekolah mempunyai kesanggupan membaca lebih baik saat masuk sekolah. Membacakan buku cerita atau dongeng pada anak juga rupanya dapat merangsang tumbuh kembang otak anak, sehingga kesanggupan kognitif dan berbahasanya menjadi lebih baik.

Mengenali gaya belajar

Tiap-tiap anak belajar dengan metode yang berbeda. Mengenali hal ini dapat membantu orang tua untuk memberi arahan anak dalam belajar memahami dan memroses isu dengan lebih baik. Secara awam, ada tiga klasifikasi gaya belajar, yakni auditorik, visual, dan jasmani. Untuk anak dengan gaya belajar auditorik, akan lebih pesat belajar melewati indra pendengaran, umpamanya mendengarkan penjelasan guru dan orang tua. Padahal gaya belajar visual akan menyerap isu lebih baik melewati indra penglihatan, umpamanya membaca buku atau memandang gambar. Kemudian, gaya belajar jasmani perlu menyentuh dan memperagakannya untuk dapat belajar dan paham konsep-konsep baru.

Menghargai proses pelajaran

Tak cuma orang dewasa, anak-anak juga butuh dihargai. Penelitian menceritakan, anak-anak yang merasa dihargai orang tuanya, belajar lebih baik dan memperoleh skor lebih baik di sekolah sebab motivasi belajarnya yang tinggi. Orang tua direkomendasikan konsentrasi pada proses, dibandingkan cuma sekadar menghargai hasilnya. Hal ini juga dapat membantu menanamkan pada pemikiran anak bahwa mereka dapat menerima hasil lebih baik dengan berusaha dan bekerja keras, yang pada hasilnya juga akan mendukung kesuksesan.

Memacu kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional (EQ) tidak keok penting dari kecerdasan kognitif yang diukur dengan IQ. Kecerdasan emosional justru akan membantu perkembangan kesanggupan kognitif dan sosial pada anak. Bantu anak batita (bawah tiga tahun) mengenali emosinya. Umpamanya, saat dia bertabrakan dengan anak lain saat bermain, karenanya orang tua dapat mengatakan hal itu sebagai ketidaksengajaan. Mengajarkan hal ini akan membantu anak menanggapi secara tepat dan menghindari rasa dongkol berlebihan.

Mempelajari bahasa asing

Beberapa manfaat mempelajari bahasa asing atau mengajar anak secara bilingual, antara lain yakni melatih kesanggupan komunikasi lebih baik, serta mendukung perkembangan kognitif, kreativitas, matematika, dan sains. Ahli bahasa menceritakan, anak yang belajar bahasa asing juga mempunyai kesanggupan yang lebih baik dalam menyelesaikan keadaan sulit dan berdaya upaya kreatif.

Mempersembahkan seni

Beberapa penelitian menyimpulkan, anak yang mempelajari alat musik memperoleh skor lebih baik untuk percobaan bahasa, energi ingat lisan, matematika, dan IQ. Seorang ahli mengatakan, area otak yang distimulasi saat memainkan musik, meliputi area otak yang mengontrol kesanggupan membaca, matematika, penalaran yang berkaitan dengan ruang, dan pemecahan keadaan sulit. Seni lukis dan kerajinan tangan juga penting untuk mendukung proses pelajaran yang menjadikan anak cerdas. Manfaatnya antara lain, merangsang kesanggupan akademis dan mengingat, serta mendukung rasa percaya diri dan keterampilan untuk berdaya upaya secara mandiri.

Tak kesempatan bermain kreatif

Untuk mengoptimalkan kreativitas secara natural, orang tua dapat memberi ruang yang mampu merangsang daya pikir anak. Tak perlu mengandalkan mainan yang terbaru atau mahal. Beberapa bahan simpel, seperti kotak kosong, krayon, atau mainan balok susun, dapat menjadi alternatif. Yang tidak keok penting untuk perkembangan otak agar anak cerdas yakni mempunyai kekerabatan yang penuh beri sayang dengan orang tua dan orang-orang di sekelilingnya. Berinteraksi dan berkomunikasi dengan anak, umpamanya bermain bersama atau berbincang-bincang, sangatlah penting.

Peran orang tua dalam mendukung dan mendukung anak cerdas sangatlah penting. Sesuaikan dorongan dan motivasi yang Anda berikan dengan kesanggupan dan minat masing-masing anak.  Anda merasa   mempunyai keadaan sulit berkaitan kecerdasannya, tidak perlu ragu untuk berkonsultasi terhadap dokter.

No comments:

Post a Comment

Penyebab Munculnya Benjolan di Belakang Kepala

Ada banyak alasan kemunculan benjolan di belakang kepala. Padahal lazimnya tidak membahayakan, Anda patut waspada saat benjolan disertai...